'Ko Ko Bop' EXO

Ditiduh Jiplak David Guetta, Ini Penjelasan Produser ‘Ko Ko Bop’ EXO

Posted on

Lagu terbaru boyband EXO yang berjudul “Ko Ko Bop” dituding sebagai hasil plagiat oleh sebagian orang. Banyak pendengarnya yang menunjukkan adanya kemiripan potongan nada yang digunakan dalam lagu EXO itu dengan “Light My Body Up” milik David Guetta yang juga baru dirilis pada bulan Mei 2017 kemarin.

Kedua lagu itu memang menggunakan genre yang sama, yakni sama-sama pop reggae berbasis eletronik.

Bahkan ada netter yang ingin membuktikan tuduhan ini dengan mengunggah video yang berisi perbandingan dari kedua lagu ini di twitter. Tak tinggal diam, seorang fans EXO pun berinisiatif untuk meminta klarisifikasi dari produser musik EXO “Ko Ko Bop” terkait tuduhan plagiat tersebut melalui instagram. Paul Thompson selaku produser pun langsung memberikan klarisifikasinya.

“Hai hai! Akhir-akhir ini aku mendapatkan banyak pertanyaan seperti ini. Tolong semua orang jangan khawatir. Kami menulis “Ko Ko Bop” untuk EXO di minggu pertama bulan November 2016 lalu. Butuh waktu lama untuk mempersiapkan sebuah album! Kalau tidak salah lagu David Guetta dirilis di akhir Mei 2017. Saya sangat berharap semua orang bisa tenang dan menikmati lagunya (Ko Ko Bop).”

Terkait hal ini, Chanyeol EXO juga sempat menjelaskan mengenai makna dari lagu “Ko Ko Bop”. “Tak ada jawaban yang tepat, tapi ‘koko’ adalah satu kata yang terdengar menyenangkan sementara ‘bop’ merujuk pada tarian. Jadi, kami mengombinasikannya sehingga bisa diartikan sebagai ‘tarian yang menyenangkan’. Komposer lagu inilah yang punya ide tentang judul lagu tersebut.” ungkap Chanyeol.

Baca juga: Reaksi EXO saat pertama kali mendengar lagu Ko Ko Bop

Lagu Ko Ko Bop sendiri dirilis pada 18 Juli 2017 kemarin dan telah memuncaki sejumlah tangga lagu Korea Selatan.

Lalu gimana pendapatmu denga tuduhan plagiat ini? (arena sinopsis)