Tales Of Zestiria & Tales Of Berseria, 2 Dimensi Yang Saling Berhubungan

Posted on

Arenasinopsis.com – Tales of Berseria merupakan anime yang terlahir dari adaptasi game garapan Bandai Namco yang merupakan game keenam belas dari seri utama Tales untuk Playstation 3, Playstation 4 dan PC. Tales of Berseria mengambil setting di Wasteland, dibawah pemerintahan Kerajaan Midgand. Dengan benua yang ada di pusatnya yang dimasa depan nanti disebut Glinnwood atau latar dunia di Tales of Zestiria.

Anime bergere fantasi, action dan adventure ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Velvet Crowe yang disebut Glotoun atau pemakan iblis, keluar dari penjara dengan bantuan Malak elemen api bernama Seres untuk balas dendam kepada Artorius Collbande, yang dipanggil kakak oleh Velvet, sekaligus orang yang telah membunuh adiknya.Tidak dijelaskan mengapa Artorius membunuh Laphi (adik Velvet) dan mengirim Velvet ke penjara. Walaupun hanya tampil dua episode di Zestiria, anime ini rencananya memiliki setting yang banyak di lautan, semacam bajak laut. Perlu diketahui bahwa ketika Artorius membunuh adik Velvet, peristiwa bulan berwarna merah yang menandakan munculnya penyakit Daemonblight (penyakit yang dapat merubah manusia menjadi iblis atau daemon) tengah berlangsung, dan tidak menutup kemungkinan apabila kala itu semua orang yang dibunuh oleh Artorius tengah terjangkit penyakit ini.

Ketika keluar dari penjara, Velvet bertemu dengan Rokurou, seorang pendekar muda yang periang dan berjiwa bebas, beberapa tahun sebelumnya penyakit Daemonblight mengakibatkan dirinya berubah menjadi daemon, namun tidak seperti manusia yang lain, Rokurou tetap bisa menjaga kesadarannya, kasus ini sama dialami oleh Velvet yang mana merubah tangan kirinya menjadi tangan iblis yang mampu memakan iblis, malak, bahkan manusia.

Selain Rokurou, tampak tokoh lain yang akan membantu Velvet dalam misi pembalasan dendamnya ini, yaitu Magilou seorang penyihir yang telah lama mengelilingi dunia, dan berkelana hanya dengan alasan mengikuti angin berhembus.
Di dunia yang dipenuhi penderitaan, Artorius menyebut dirinya sang pengusir iblis atau Exorcist, dengan bantuan Exorcist lain sebagai anakbuahnya, mereka memiliki tujuan besar yaitu membersihkan iblis untuk menyelamatkan dunia, Exorcist sendiri memiliki beberapa kelas berdasarkan kemampuan mereka. Contohnya seperti Oscar Dragonia sebagai Exorcist kelas atas yang sangat setia pada Artorius.

Hubungan Tales of Berseria dengan Tales of Zestiria diperkuat dengan kemunculan Eizen yang masih berwujud manusia pada ending anime ini yang dinyanyikan oleh FLOW dengan judul “BURN”. Eizen disini ikut dalam tim Velvet. Dalam versi gamenya, Eizen yang dikenal sebagai God of Death dan sebagai utusan bajak laut Aifread. Dia bekerjasama dengan Velvet untuk melawan Exorcist yang menjadi musuh mereka. Hal ini menandakan bahwa Tales of Berseria dalam dunia yang sama dengan Tales of Zestiria namun dalam dimensi waktu yang berbeda. Berseria merupakan masa lalu dari dunia Zestiria.

Penghubung antara dua anime yang saling berbeda dimensi waktu ini adalah Tales of Zestiria, dalam season 2 dari anime ini kita akan mengetahui bagaimana kelanjutannya. Dua tokoh utama akan saling berhadapan, hal ini diketahui karena Velvet pernah berkata pada timnya, bahwa “kita akan menyeberang ke masa depan”. Dan fakta lainnya adalah, legenda dalam Zestiria yang mengatakan bahwa pada zaman dahulu, manusia dan Seraphim hidup berdampingan yang mana bisa saling melihat. Nah, dalam Berseria seperti itu bukan?

Tak heran apabila banyak yang menghubungkan Savior atau Exorcist sebagai Doshi atau Sheprhed, Malak sebagai Seraphim, Daemon sebagai Hellion atau Hyouma, dan Velvet Crowe yang merupakan tokoh utama dalam Tales of Berseria ini tidak lain merupakan cikal bakal dari Lord of Calamity atau Penguasa Bencana pertama.

Arenasinopsis.com
Menulis untuk mencurahkan hobby, berbagi informasi dan pengalaman. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share !