Sinopsis Anime Kimi No Na Wa (Your Name)

Posted on 251 views

Arenasinopsis.com – Kimi No Na Wa atau dalam bahasa Inggrisnya Your Name adalah anime movie yang ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai, anime bergenre fantasi dan romance ini diproduksi pada tahun 2016 dengan animasi dikerjakan oleh CoMix Wave Films dan didistribusikan oleh Toho. Anime ini dibuat berdasarkan novel yang ditulis oleh Makoto Shinkai yang memiliki judul yang sama, dan dirilis pada 18 Juni 2016 lalu. Dengan Masayoshi Tanaka sebagai perancang tokoh dan penggubahan musik oleh band asal Jepang Radwimps.

Anime ini berkisah tentang dua orang yang hidup pada waktu dan dimensi yang berbeda, tak saling mengenal dan tak pernah bertemu sebelumnya, namun seiring berjalannya waktu, tumbuhlah benih-benih cinta tanpa mereka sadari.

Alur Cerita Kimi No Na Wa (Your Name)

Kimi No Na Wa – Mitsuha Miyamizu, seorang siswi Sekolah Menengah Atas yang hidup di desa Itomori jauh dari keramaian kota, dia mulai bosan dengan kehidupannya di pedesaan dan berharap dapat memiliki seorang kekasih dari kota. Mitsuha sendiri adalah anak pertama dari walikota Itomori. Mitsuha tinggal sebagai seorang gadis kuil bersama nenek dan adik perempuannya, ibunya meniggal karena sebuah penyakit, kemudian ayahnya meninggalkan kuil dan beralih profesi sebagai seorang politikus. Hubungan Mitsuha dengan ayahnyapun renggang karena hal ini. Sebagai seorang putri dari walikota, Mitsuha sering mendapatkan perkataan yang kurang sopan dari teman-teman sekolahnya. Namun dia memiliki dua teman dekat yaitu Teshigawara dan Sayaka yang selalu bersamanya.

Cerita berawal ketika Mitsuha terbangun dari tidur sebagai seorang laki-laki seumurannya yang bernama Taki, Mitsuhapun terkejut karena kejadian yang aneh ini, dan dia memutuskan untuk menganggap keanehan ini hanya sebagai mimpi yang akan berakhir. Mitsuha menjalani kehidupan sebagai Taki, dan berangkat ke sekolah walaupun awalnya dia tersesat karena Taki hidup di kota (Tokyo), membuat Mitsuha sangat terkesan dengan perkotaan yang selama ini ia impikan.

Kejadian ini terjadi berkali-kali, seiring berjalannya waktu mereka menyadari bahwa mereka saling bertukar tubuh satu sama lain di tempat yang jauh berbeda, hal ini diketahui selain dari catatan-catatan yang sengaja dibuat pada memo di ponsel ataupun di buku tulis pelajaran, juga dari orang-orang disekitar mereka. Lalu mereka pun membuat berbagai macam aturan seperti dilarang mandi dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai terbiasa dengan pertukaran tubuh ini, dan mulai mencampuri urusan pribadi masing-masing. Mitsuha yang berada dalam tubuh Taki membuatnya menjadi lebih dekat dengan rekan kerjanya yang bernama Okudera Miki, sampai-sampai Mitsuha membuat kencan dengan Okudera. Dan Taki yang berada dalam tubuh Mitsuha menjadikan Mitsuha lebih terkenal disekolahnya hingga ada seorang siswa yang menyatakan cintanya pada Mitsuha padahal ketika itu Taki-lah yang ada dalam tubuh Mitsuha.

Pada suatu hari dimana Taki berada dalam tubuh Mitsuha, ketika dia bersama dengan Yotsuha (adik Mitsuha) dan neneknya menuju ketempat dewa Musubi yang berada dipuncak bukit untuk memberikan persembahan berupa arak beras kepada sang dewa, sepulangnya dari tempat tersebut, nenek Mitsuha bertanya kepada Taki yang berada dalam tubuh Mitsuha “Kamu sedang bermimpi kan?”, dan bercerita bahwa keturunan Miyamizu terkadang bermimpi menjalani kehidupan orang lain. Keesokan harinya, tiba-tiba Taki terbangun sebagai dirinya sendiri. Kemudian Taki menjalankan rencana Mitsuha yaitu kencan dengan Okudera. Namun kencan yang Mitsuha buat ini tidak berjalan sesuai dengan rencana, kencan itu berakhir ketika Okudera meniggalkan Taki karena Okudera menyadari bahwa Taki mencintai orang lain. Sepeninggal Okudera, Taki berada di tempat dimana dia dapat dengan jelas menyaksikan komet Tiamat yang diramalkan akan melintas dekat bumi sesuai apa yang dikatakan Mitsuha. Setelah itu, Takipun berencana untuk menceritakan kencan gagalnya kepada Mitsuha, namun sayang sekali, Taki dan Mitsuha tidak pernah bertukar tubuh lagi. Taki kemudian mencoba menghubungi Mitsuha, namun tidak berhasil. Dia akhirnya memutuskan untuk bertemu langsung dengan Mitsuha dengan mengunjungi tempat tinggalnya yaitu desa Itomori.

Taki kemudian mengunjungi berbagai tempat di Jepang untuk mencari Mitsuha tanpa mengetahui apa nama desa dan dimana lokasinya bersama dengan Okudera dan teman dekatnya Tsukasa Fujii yang bersikeras untuk ikut dalam perjalanan. Dan hanya dengan mengandalkan sketsa pemandangan desa yang ia buat berdasarkan ingatannya. Akhirnya ketika Taki bersama dua orang pengikutnya tadi istirahat di sebuah restoran, disana dia bertemu dengan pemilik restoran yang dulunya lahir dan dibesarkan di desa Itomori, dan menyebutkan bahwa lukisan Taki sangatlah indah, kemudian Taki bertanya mengenai nama desa tersebut, dan akhirnya Taki, Okudera, dan Tsukasa tahu bahwa nama desa tersebut adalah Itomori yang memiliki sebutan “desa yang hilang”.

Desa Itomori dulunya memang desa yang sangat indah, namun kini desa tersebut dan wilayah disekitarnya telah hancur oleh komet Tiamat tiga tahun yang lalu dan sekarang menjadi kawah raksasa serta tak berpenghuni. Mendengar kenyataan tersebut, Taki seakan-akan tidak percaya dan tidak berdaya, mereka bertigapun  mencari berita-berita tentang desa Itomori dan menemukan buku daftar korban bencana yang meninggal, dalam buku tersebut Taki menemukan nama Teshigawara Katsuhiko, Natori Sayaka, dan Miyamizu Mitsuha. Taki kemudian diantar oleh pemilik restoran tadi ke tempat lokasi kejadian, setibanya disana mereka melihat pemandangan yang menyayat hati, semuanya telah hancur, kedua temannya mencoba menghibur Taki, kemudian Taki mencari memo di ponselnya yang dibuat oleh Mitsuha, namun semuanya satu-persatu menghilang. Seakan-akan disana tidak pernah ditulis satu memo-pun.

Namun Taki tidak tinggal diam, dia berusaha untuk menghubungkan kembali dirinya dan Mitsuha dengan mengunjungi kuil tempat persembahan dewa Musubi yang berada di puncak bukit dekat desa Itomori. Disana, dia meminum kuchikami kaze yaitu arak beras buatan Mitsuha, dan memohon kepada dewa Musubi agar memberinya kesempatan lagi untuk menyelamatkan Mitsuha dan lainnya. Setelah meminum kuchikami kaze Taki terjatuh dan tidak sengaja melihat lukisan komet Tiamat di dinding gua, setelah itu Taki berhasil terbangun sebagai Mitsuha dan meiliki beberapa jam kesempatan sebelum pecahan komet Tiamat menghancurkan desa beserta penduduk Itomori.

Taki sebagai Mitsuha meyakinkan kedua teman dekat Mitsuha perihal bencana komet tersebut, dan meminta bantuan mereka untuk mengevakuai penduduk desa. Sambil menjalankan rencananya, Taki menyadari bahwa dulu Mitsuha pernah mencarinya di Tokyo dan berhasil bertemu dengannya di kereta, namun pada waktu itu Taki belum mengenal Mitsuha karena perbedaan waktu yang membatasi keduanya. Dan dia pun berpikir mungkin kini Mitsuha sedang berada dalam tubuh Taki yang berada dalam kuil Musubi di puncak bukit. Kemudian Taki memutuskan untuk pergi ke kuil tersebut untuk mencari Mitsuha.

Setibanya di puncak, Taki dalam tubuh Mitsuha berteriak memanggil Mitsuha, dan Mitsuha dalam tubuh Taki yang sudah terbangun mendengar panggilan itu, kemudian merekapun saling mencari di tempat yang sama namun tetap saja tidak bertemu, ini dikarenakan adanya perbedaan masa antara keduanya, sampai akhirnya matahari terbenam, Taki maupun Mitsuha menyadari bahwa saat itu adalah waktunya kataware doki, waktu dimana batas antara kedua dunia menghilang, sehingga mereka kembali ketubuh masing-masing dan dapat meihat satu sama lain. Taki memberitahu Mitsuha tentang bencana yang membunuh sepertiga penduduk desa Itomori dan memberitahunya untuk meyakinkan ayahnya selaku walikota Itomori untuk mengevakuasi penduduk desa. Mereka juga memutuskan untuk menuliskan nama masing-masing di telapak tangan yang berbeda agar suatu saat tetap saling mengingat dan tidak akan pernah melupakan peristiwa-peristiwa yang mereka alami, namun sebelum Mitsuha menuliskan namanya di telapak tangan Taki, matahari sudah terbenam dan kataware doki pun brakhir, dan mereka kembali ke masa masing-masing.

Setelah itu, Mitsuha langsung kembali ke desa untuk melanjutkan rencananya, dalam perjuangannya untuk menyelamatkan seluruh desa, dia menyadari bahwa perlahan-lahan dia melupakan nama seseorang yang tidak ingin dia lupakan. Ketika dia berlari menuju tempat walikota untuk rencana pengevakuasian, dia terjatuh dan melihat telapak tangannya, disana seharusnya dia dapat melihat nama seseorang yang amat penting tersebut, namun yang Mitsuha lihat adalah kata “aku mencintaimu”. Kemudian Mitsuha bangun dan kembali berjuang dengan penuh keyakinan menuju tempat walikota untuk menyelamatkan seluruh penduduk desa.

Delapan tahun kemudian, Taki sudah menjadi lulusan dari sebuah Universitas di Jepang, dia sekarang adalah seorang pencari pekerjaan yang tertarik dengan berita-berita lawas mengenai Itomori, karena dia merasa familiar dengan berita ini. Walaupun sepenuhnya Taki dan Mitsuha melupakan semua peristiwa-peristiwa yang mereka alami, namun ketika bangun dari tidur mereka tidak sadar menangis tanpa suatu alasan yang jelas dan merasa ada yang hilang dalam diri mereka. Suatu ketika Taki dan Mitsuha berada dalam kereta yang berbeda, dan kereta yang mereka tumpangi berpapasan, merekapun saling melihat satu sama lain melalui pintu kereta. Ketika kereta berhenti, merekapun saling mencari, dan bertemu di sebuah tangga, tanpa ada kata yang terucap mereka berpapasan dan insting mereka berkata “dialah orangnya”, kemudian mereka saling bertanya tentang nama.

Trailer Kimi No Na Wa (Your Name)

Gravatar Image
Menulis untuk mencurahkan hobby, berbagi informasi dan pengalaman. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share !