Sambutan Adaptasi Anime Fate/Apocrypha di Tahun 2017

Posted on

Arenasinopsis.com – Serial anime “Fate” yang terlahir dari adaptasi novel bergenre action dan fantasy ini akan meluncurkan judul baru dan karakter-karakter baru pula. Dari tahun 2014 lalu, perjalanan serial ini dimulai dari Fate/Zero, Fate/Stay Night, Fate/Stay Night Unlimited Blade Works (2 season), Fate/Kaleid Prisma Illya (special 3 season), Fate/Grand Order (ongoing), Fate/Apocrypha (upcoming), dan Fate/Stay Night Heaven’s Feel (upcoming movie).

Inti dari semua cerita tetap sama yaitu perang antara para Master dengan dibantu oleh Servant yang datang dari ritual pemanggilan Heroic Spirit (jiwa pahlawan) dari masa lalu untuk memperebutkan Cawan Suci atau biasa disebut Holy Grail War di kota Fuyuki Jepang, dimana cawan suci tersebut dapat mengabulkan permohonan siapa saja yang memenangkan pertarungan. Namun, sejak seri awal anime ini yaitu Fate/Zero tidak ada Master ataupun Servant yang meminta permohonan kepada cawan suci, namun malah menghancurkannya karena dianggap sebagai pembawa petaka yang harus dimusnahkan dan agar dapat menghentikan Holy Grail War itu sendiri.

Pada Fate/Zero, Fate/Stay Night dan Fate/Stay Night Unlimited Blade Works, banyak karakter yang sama tetap dimunculkan seperti Tohsaka Rin, Emiya Shirou, Saber (Arthuria Pendragon), Archer (Gilgamesh), Archer (Heroic Spirit Emiya), Illyaasviel, dan Kotomine Kirei. Begitu juga dengan pembagian kelas Servant yang tetap sama seperti dalam Fate/Zero antara lain Saber, Archer, Lancer, Berseker, Assassin, Rider, Caster. Namun pada Fate/Grand Order mulai terdapat karakter-karakter baru dan kelas Servant baru pula seperti Mashu sebagai Servant kelas Shielder dan Heroic Spirit Jeanne d’Arc yang sebelumnya tidak ada dalam Fate/Zero, Fate/Stay Night dan Fate/Stay Night Unlimited Blade Works.

Fate/Apocrypha sebenarnya adalah light novel dari TYPE-MOON yang ditulis oleh Higashide Yuuichiro dan diilustrasikan oleh Ototsugu Konoe. Novel pertama dirilis pada tanggal 29 Desember 2012 di Comiket 83. Volume kedua dirilis pada tanggal 16 Agustus 2013. Volume ketiga dirilis pada tanggal 29 Desember 2013. Volume keempat dirilis pada tanggal 30 Mei 2014. Volume kelima sekaligus yang terakhir dirilis pada tanggal 30 Desember 2016. Novel ini kemudian diadaptasi menjadi manga oleh Akira Ishida dan diumumkan dengan volume pertama yang dirilis pada 15 April 2016 lalu. Kemudian diadaptasi menjadi anime yang dikerjakan oleh A1-Pictures dan dijadwalkan akan tayang perdana pada tahun 2017 ini.

Cerita dalam Fate/Apocrypha bertempat di dunia paralel seperti dalam Fate/Stay Night, dimana Holy Grail War telah dihapuskan dari kota Fuyuki setelah Holy Grail War ketiga, dengan demikian peristiwa-peristiwa pada Fate/Zero dan Fate/Stay Night tidak pernah terjadi. Cerita berfokus pada dua fraksi yang saling bertentangan, fraksi Merah dan Hitam, masing-masing golongan memanggil tujuh Servant dan Grail sendiri memanggil Servant spesial kelas “Ruler” sebagai penengah antara kedua belah pihak dan pengawas Holy Grail War itu sendiri. Fraksi Merah adalah para anggota penyihir yang dikirim oleh Asosiasi Sihir Clock Tower, sementara Fraksi Hitam adalah anggota dari kelompok penyihir Romania bernama Yggdmillennia.

Dahulu kala, Holy Grail War terjadi antara tujuh penyihir yang dibantu oleh masing-masing Servant mereka. Namun, akibat kekacauan dari Perang Dunia II, seorang penyihir mengambil Grail secara paksa. Sepuluh tahun kemudian Yggdmillennia menjadikan Grail sebagai sebuah simbol dan keluar dari Asosiasi Sihir, dan mendeklarasikan kemerdekaan mereka. Melihat perbuatan tersebut, Asosiasi Sihir mengirimkan servant mereka yaitu Assassin, namun mereka semua kalah.

Fate/Apocrypha akan menjadi pertarungan generasi baru, karena berbeda dari serial Fate sebelumnya. Tujuh Servant akan bertarung melawan 7 Servant yang bertempat di Trifas, Romania.