In This Corner of the World, Mendapatkan Predikat Sebagai Movie Terbaik

Posted on

Arenasinopsis.com – Majalah film Jepang “Kinema Jumpo” mengungkapkan daftar 10 film terbaik tahun ini pada hari Selasa 10 Januari 2017, dengan anime In This Corner of the World karya Sunao Katabuchi yang menempati posisi #1. Majalah ini belum menganugerahi posisi #1 untuk sebuah film animasi selain anime My Neighbor Totoro karya Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli yang berhasil menempati posisi puncak tersebut pada tahun 1988, hampir 30 tahun yang lalu. Selain itu, majalah Kinema Jumpo memberikan penghargaan kepada Katabuchi sebagai “the Best Director”.

Shin Godzilla karya Hideaki Anno dan Shinji Higuchi memegang peringkat #2. Majalah Kinema Jumpo juga memberikan penghargaan kepada Anno sebagai “the Best Scriptwriter” (Penulis Naskah Terbaik).

In This Corner of the World memulai debutnya di 63 bioskop Jepang pada 12 November 2016 dan berhasil menjual 32.032 tiket dengan pendapatan ¥ 47.042.090 (sekitar US $ 434.288), dan menduduki peringkat #10 di akhir pekan perdananya. Semua tiket di Bioskop Shinjuku,  Bioskop Umeda, dan Cine Libre Umeda telah terjual habis pada hari pertama, dan terjual habis di hari kedua di lokasi pemutaran yang lain. Karena kepopulerannya, pihak bioskop menambahkan jadwal penayangan film animasi ini, situs resmi In This Corner of the World berisi lebih dari 200 daftar bioskop yang telah atau akan memutarnya. Pada tanggal 4 Januari 2017, film ini telah mendapatkan ¥ 1.000.000.000 (sekitar US $ 8.530.000) di box-office Jepang.

Animatsu Entertainment memperoleh hak untuk movie In This Corner of the World. Film ini dijadwalkan akan dibuka di 14 negara asing, dimulai dari Inggris, Prancis, Amerika Selatan, yang pada akhirnya menuju ke Jerman, Mexiko, dan negara-negara lainnya. Film ini bedasarkan manga karya Fumiyo Kono (pemenang penghargaan manga) dengan judul To All The Corners Of The World (Kono Sekai no Katasumi ni) yang bersetting pada masa Perang Dunia II.

img-04.jpg (1000×541)

Sunao Katabuchi (Mai Mai Miracle, Black Lagoon) yang berperan sebagai penulis dan sutradara,  telah mengumumkan film ini di tahun 2012. Staf tambahan untuk film termasuk Chie Uratani (Black Lagoon: Roberta’s Blood Trail, Mai Mai Miracle, Tekkonkinkreet animation director) sebagai asisten sutradara, Hidenori Matsubara (Oh! My Goddess, Sakura Wars, King of Thorn) sebagai desainer karakter dan direktur animasi, untuk musik ditangani oleh kotringo (The Bears’ School, Gourmet Girl Graffiti), dan Taro Maki sebagai produser di GENCO. Dan didistribusikan oleh Tokyo Theatres Company.

Film ini memenangkan Hiroshima Peace Film Award di Festifal Film Internasional Hiroshima pada bulan November 2017. JManga telah merilis manga karya Kono ini dalam bahasa Inggris secara online dan telah memenangkan Excellence Prize di Japan Media Arts Festival yang ke-13.

Movie ini bersetting pada tahun 1930-1940-an di Hiroshima dan Kure, Jepang. Sekitar 10 tahun sebelum dan sesudah insiden bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat, terutama pada tahun 1944-1945. Dalam film tersebut sifat dan budaya tradisional Jepang diuraikan dengan jelas dan kontras dengan adegan kejam di tengah-tengah peperangan. Ini adalah sebuah film fiksi tapi, episode dan latar belakang cerita didasarkan pada fakta dan kejadian nyata.

Sinopsis In This Corner of the World

In This Corner of the World menceritakan tentang seorang gadis Jepang bernama Suzu, tinggal di Hiroshima dan kemudian pindah ke Kure selama Perang Dunia II. Suzu lahir dan tumbuh di kota yang berada di tepi laut bernama Eba (bagian dari Hiroshima), dia menghabiskan masa kecilnya yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-temannya. Pada tahun 1944, Suzu yang berusia 18 tahun bekerja untuk bisnis kecil keluarganya diberitahu oleh orangtuanya bahwa ada seorang pemuda yang tidak dikenalnya datang melamar. Pria tersebut bernama Shusaku, dia tinggal di Kure sebagai seorang Angkatan Laut. Suzu kemudian menikah dengannya, pindah dari kampung halamannya di Hiroshima dan bergabung dengan keluarga Shusaku di Kure. Suzu disambut oleh keluarga Shusaku dan mulai menjalani hari-harinya disana. Namun, awan gelap peperangan mulai mendekat.

Arenasinopsis.com
Menulis untuk mencurahkan hobby, berbagi informasi dan pengalaman. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share !