Dua Anime dari Touken Ranbu Kembali Menghiasi Dunia Para Otaku

Posted on 271 views

Arenasinopsis.com – Toho Animation telah mengumumkan pada konvensi AnimeJapan 2017 yang digelar pada hari Minggu 26 Maret 2017, bahwa anime Touken Ranbu: Hanamaru akan melahirkan season kedua dari serial anime bergenre action, komedi dan sejarah tersebut, dan anime ini akan tayang perdana pada bulan Januari tahun 2018. Sebuah video teaser dapat kita simak di bawah ini:

Sekuel dari anime ini akan memiliki setting yang sama dengan season pertamanya. Touken Ranbu: Hanamaru season dua, akan dihiasi oleh para karakter yang kembali dari season pertamanya, termasuk Yamatonokami Yasusada dan Kashū Kiyomitsu beserta karakter baru lainnya.

Anime ini sebenarnya terlahir dari game bertemakan pedang yang dikembangkan oleh DMM bernama Touken Ranbu Online, sebuah game yang mengambil karakter dari pedang-pedang terkenal bersejarah di Jepang dan kemudian menginterpretasikan mereka ke dalam wujud bishōnen (laki-laki yang menyerupai perempuan), sedangkan Nitroplus menangani desain karakter dan penulisan skenario. Game ini diluncurkan di Jepang pada tahun 2015, dan berhasil memiliki 1,5 juta lebih pengguna terdaftar. Game ini memperoleh fanbase yang tersebar luas terutama di kalangan perempuan dan telah menginspirasi beberapa merchandise, serta beberapa manga dan drama panggung.

Sinopsis Anime Touken Ranbu: Hanamaru

Setting dalam anime ini terjadi pada tahun 2205 setelah Masehi, dimana para Revisionis Sejarah yang membuat pasukan pengubah sejarah dan mulai melakukan penyerangan dengan tujuan mengubah sejarah masa lalu, dan tugas para pedang yang diberi wujud manusia inilah yang diperintah untuk menghancurkan mereka. Para karakter yang terlahir dari pedang ini tinggal dalam sebuah benteng dan bersama mereka menjalani hari-hari yang penuh tawa di dalamnya.

Sinopsis anime ini lebih menonjolkan segi komedi daripada actionnya, namun jika sudah terjun dalam pertarungan, setiap karakter akan memperlihatkan keindahan dan keberanian cara bertarung mereka. Dari segi grafis pun anime ini patut diacungi jempol karena kejernihannya. Season pertama Touken Ranbu: Hanamaru tayang perdana pada 2 Oktober 2016, dan berakhir pada bulan Desember dengan 11 episode. Crunchyroll menayangkan season pertama seperti halnya yang ditayangkan di Jepang, sedangkan Funimation menayangkan season pertamanya dengan dubbing bahasa Inggris.

Takashi Naoya (co-direktur Luck & Logic, direktur animasi Selector Infected Wixos) adalah sutradara untuk season pertama Touken Ranbu: Hanamaru di studio Doga Kobo. Junichiro Taniguchi (Natsuyuki Rendezvous, Prison School) sebagai desainer karakter, dan Pierre Sugiura (Barakamon) bertugas menulis dan mengawasi naskah. Kenci Kawai (Ghost in the Shell, Eden of the East, Ranma ½) sebagai penggubah musik. Matsuhiro Ichiki dan Toshiki Masuda bekerjasama dalam tema lagu opening berjudul “Hanamaru@Hiyori!” (Hanamaru Cuaca). Anime ini memiliki lagu ending yang berbeda untuk setiap episodenya, yang dinyanyikan oleh pemain utama dalam setiap episode tersebut.

Touken Ranbu

Selain munculnya kabar tentang kelahiran season 2 ini, Touken Ranbu: Hanamaru juga mengeluarkan kabar lain bahwa akan ada Touken Ranbu lainnya dengan judul Katsugeki! Touken Ranbu (Action Picture! Touken Ranbu) yang diproduksi oleh studio Ufotable yang mana anime ini dijadwalkan tayang perdana pada bulan Juli di Tokyo MX, BS11, Gunma TV, Tochigi TV dan MBS.

Sebuah acara panggung Touken Ranbu pada AnimeJapan 2017 telah mengungkapkan para anggota cast serta penyanyi tema lagu opening dan ending untuk Katsugeki! Touken Ranbu pada hari Minggu 26 Maret lalu. Untuk lagu opening  dinyanyikan oleh Souma Saitou, sedangkan lagu ending dinyanyikan oleh Kalafina.

Kabarnya, Toshiyuki Shirai (Fate/Zero, Tales of Zestiria the X) akan menyutradarai seri ini di Ufotable. Sedangkan Hideyuki Fukasawa (Fate/ Unlimited Blade Works, Flowers of Evil) akan menyusun musik. Proyek ini juga memiliki beberapa anggota staf baru yaitu Mitsuru Obunai, Masaru Kimura, Masayuki Kunihiro sebagai animator senjata, Tatsuya Yamamura sebagai peneliti sejarah, sementara Kōgyoku Watanabe sebagai swordsmanship guidance (pembimbing dalam berpedang).

Karakter Touken Ranbu: Hanamaru

Yamatonokami Yasusada (seiyuu: Ichiki Mitsuhiro)

Yamatonokami Yasusada adalah nama salah satu pedang milik anggota Shinsengumi era keshogunan milik Okita Souji. Dia adalah tipe orang yang periang dan selalu berpikiran positif serta penuh dengan ide kreatif. Yasusada selalu bersama dengan Kiyomitsu, bahkan dalam pertarunganpun mereka berdua sering dikirim untuk bertarung bersama untuk mengalahkan pasukan pengubah sejarah. Dibalik sifat optimisnya, Yasusada menyimpan kekaguman yang besar terhadap Okita Souji (tuannya sebelum berada di benteng), dan hal ini yang membuat Yasusada terlihat seperti gagal move on. Yasusada pernah menjadi ketua di misi pertamanya ketika para pasukan pengubah sejarah muncul di penginapan Ikeda.

Kashuu Kiyomitsu (seiyuu: Masuda Toshiki)

Kashuu Kiyomitsu juga merupakan pedang Okita Souji, dia sangat menyayangi Yasusada meskipun perasaan itu tidak dia perlihatkan secara jelas. Cara bertarungnya yang berani membuat Kiyomitsu menjadi salah satu pedang yang disukai oleh tuannya yang sekarang. Mungkin dalam kesehariannya yang suka merias badan seperti menghias kuku, memakai tabir surya dan sebagainya memiliki kesan feminim untuk Kiyomitsu namun, semua kesan itu akan musnah seketika jika dia terjun dalam pertempuran. Perlu diketahui bahwa Kiyomitsu adalah anggota tertua di benteng.

Heshikiri Hasebe (seiyuu: Shingaki Tarusuke)

Heshikiri Hasebe adalah salah satu pedang miliki Oda Nobunaga. Hasebe sendiri tidak menyukai tuannya ini karena kesombongannya. Dia adalah orang terdekat “aruji” atau “tuan” dari semua pedang yang berada di benteng, Hasebe setiap hari mengunjungi tuan kedua mereka untuk memeriksanya, dan Hasebe juga yang menyampaikan berita siapa saja yang akan dikirim dalam pertarungan dan tugas-tugas lainnya. Hasebe merupakan orang yang sangat rajin serta disiplin dan hampir setiap saat dia menceramahi anggota lainnya sampai mereka merasa bosan.

Souza Samonji (seiyuu: Tai Yuuki)

Souza Samonji adalah salah satu pedang miliki Oda Nobunaga, dia sama seperti Hasebe tidak menyukai tuanya yang pertama, karena Souza hanyalah pedang yang digunakan sebagai pajangan dan dikurung bagaikan burung di dalam sangkar.

Honebami Toushiro (seiyuu: Suzuki Yuto)

Merupakan salah satu pedang Awataguchi. Dia adalah tipe orang yang pendiam dan selalu bersama dengan Namazuo. Dalam season pertama tidak diperlihatkan Honebami dalam pertarungan. Meskipun dia cenderung pendiam namun, dia memiliki sisi “pengertian” yang dia sembunyikan.

Namazuo Toushiro (seiyuu: Saito Soma)

Namazuo juga termasuk salah satu pedang Awataguchi. Namazuo adalah tipe orang yang ceria dan jahil tidak seperti Honebami yang super pendiam dan jarang tersenyum. Dia juga termasuk salah satu pedang yang diakui kekuatannya oleh Hasebe, terlihat pada episode pertama dimana Namazuo dikirim untuk ikut dalam pertarungan yang dipimpin oleh Yasusada di Penginapan Ikeda.

Yagen Toushiro (seiyuu: Yamashita Seiichiro)

Yagen Toushiro juga termasuk salah satu pedang Awataguchi sekaligus pernah dimiliki oleh Oda Nobunaga. Tidak seperti Hasebe dan Souza yang membenci tuan mereka di masa lalu, Yagen memiliki pendapat tersendiri menganai Oda Nobunaga dengan cara pandangnya sendiri. Selain itu Yagen pintar dalam bidang pengobatan dan suka membuat beberapa penemuan dan obat-obatan. Selama Ichigo Hitofuri atau “Ichi-nii”, kakak tertua dari kesepuluh pedang Awataguchi bersaudara belum tiba di benteng, Yagen-lah yang menjaga dan melatih adik-adik mereka sebagai pengganti dari kakak tertua mereka.

Sumber: ANN, Crunchyroll

Baca juga: Sinopsis Anime Nejimaki Seirei Senki Tenkyou No Alderamin

Gravatar Image
Manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang !!!